Senin, 08 Oktober 2012

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan



Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
                                               
Pada saat berbisnis hal yang harus diperhatikan adalah rasa tanggung jawab.sebuah perusahaan harus memikirkan aspek yang baik didalam barang/jasa yang diperkenalkannya,jangan hanya mementingkan keuntungan semata.
Dalam mendirikan suatu usaha perlu diperhatikan aspek yang berhubungan dengan usaha tersebut.salah satu adalah rasa tanggung jawab social. Dalam cangkupan yang lebih luas tanggung jawab tersebut dikenal dengan istilah CSR (Corporate Social Responsibility). Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep yang mempunyai pengertian bahwa sebuah organisasi perusahaan harus memiliki tanggung jawab kepada konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan lingkungan dalam aspek operasionalnya. Corporate Social Responsibility (CSR) ditujukan untuk mendorong seluruh perusahaan dalam rangka terciptanya suatu pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). Peranan CSR dapat dipandang sebagai upaya untuk mewujudkan good corporate govern-ance, good corporate citizenship dan good business ethics dari sebuah entitas bisnis. Sehingga perusahaan tidak cukup hanya memikirkan kepentingan shareholder (pemilik modal), tetapi juga mempunyai orientasi untuk memenuhi kepentingan seluruh stakeholders.
Syarat bagi Tanggung Jawab Moral
        Tindakan itu dijalankan oleh pribadi yang rasional
        Bebas dari tekanan, ancaman, paksaan atau apapun namanya
        Orang yang melakukan tindakan tertentu memang mau melakukan tindakan itu
Status Perusahaan
Terdapat dua pandangan (Richard T. De George, Business Ethics, hlm.153), yaitu:
        Legal-creator, perusahaan sepenuhnya ciptaan hukum, karena itu ada hanya berdasarkan hukum .
        Legal-recognition, suatu usaha bebas dan produktif .
Tanggung jawab sosial perusahaan hanya dinilai dan diukur berdasarkan sejauh mana perusahaan itu berhasil mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya (Milton Friedman,The Social Responsibilities of Business to Increase Its Profits, New York Times Magazine,13-09-1970).

Lingkup Tanggung jawab Sosial
        Keterlibatan perusahaan dalam kegiatan sosial yang berguna bagi kepentingan masyarakat luas .
        Keuntungan ekonomis.
Hubungan Masyarakat Sosial terhadap Tanggung Jawab Perusahaan
        Kebutuhan dan Harapan Masyarakat yang Semakin Berubah
        Terbatasnya Sumber Daya Alam .
        Lingkungan Sosial yang Lebih Baik .
        Perimbangan Tanggung Jawab dan Kekuasaan .
        Bisnis Mempunyai Sumber Daya yang Berguna .
        Keuntungan Jangka Panjang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar